Kisah hidup 4 madzhab
Bagian 1

Imam abu hanifah

Kecintaan guru pada abu hanifah
 
Hammad bin sulaiman adalah salah satu guru dari abu hanifah,beliau sangat menyayangi dan mengagumi muridnya yang bernama nukman (abu hanifah) sampai-sampai mengalahkan rasa sayang pada cucunya.
Dalam satu kisah di ceritakan: pada satu kesempatan ketika hammad baru saja datang dari kufah setelah bermukim dalam waktu yang cukup oama, anaknya bertanya , "setelah pergi yang cukup lama, kepada siapakah engkau sangat merindukan?", sedangkan orang yang bertanya mempunyai seorang anak yang tak lain cucu dari hammad. Kata hati berharap agar orang yang paling dekat dan disayangi seorang kakek adalah cucunya.
Namun harapan itu pupus ketika terujar kata-kata dari ayahnya (hammad) menjawab:"aku sangat merindukan Abu hanifah,seandainya aku mampu tidak mengedipkan pandanganku darinya niscaya aku akan melakukannya."

Mengagungkan Alquran

 
Salah satu bukti yang mencerminkan betapa tingginya ilmu yang di miliki abu hanifah antara lain, beliau sangat mengagungkan ,memulyakan dan menghormati segala hal yang bersifat keilmuan terlebih yang berhubungan dengan alqur'an, beliau mengadakan perayaan besar-besaran .
Lima ratus atau seribu dirham beliau berikan pada guru ngaji anaknya,namun pemberian itu dinilai terlalu banyak oleh pak guru , karenanya dia merasa hanya mengajarkan al-fatihah .
Lantas Abu hanifah berkata ,"janganlah kamu meremehkan apa yang telah kamu ajarkan pasa putraku,seandainya aku punya lebih dari itu niscaya aku akan berikan semuanya padamu . Yang demikian itu semata-mata untuk mengagungkan alquran.

Edisi berikutnya di tunggu saja.......

Comments

Popular posts from this blog