Skip to main content

Tips Bangun Sepertiga Malam untuk Sholat Tahajud 



Artikel ini akan membahas mengenai tips bangun sepertiga malam untuk sholat tahajud. Pada dasarnya, sholat tahajud berguna untuk memberikan kesehatan tubuh dalam berbagai kesempatan serta sering memberikan ketenangan batin. Inilah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan sholat tahajud dengan baik di sepertiga malam.
1. Cara bangun dan beribadah sepertiga malam yang pertama adalah dengan tidak membiasakan tidur larut malam. Tentukan waktu tidur Anda, kalau bisa paling lambat pukul sepuluh malam. Hilangkan kegiatan-kegiatan yang kurang penting yang nantinya bisa mengurangi waktu tidur Anda. Anda juga bisa mengamalkan cara tidur Rasulullah SAW dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan niat bangun tidur yang cukup tinggi.
2. Sebelum tidur, berdoalah untuk memohon kepada Allah agar diberi kemudahan dalam bangun sepertiga malam. Anda juga bisa memohon agar diberikan keadaan khusyuk dalam menunaikan sholat Tahajud.
3. Cara bangun untuk sholat tahajud sepertiga malam lainnya adalah dengan melakukan tidur siang sebentar. Tidur siang ini dapat membuat Anda lebih mudah terjaga saat sepertiga malam dan Anda akan merasa lebih segar saat bangun malam nantinya walaupun hanya tidur sebentar.
4. Lakukan program tahajud berjamaah dalam keluarga Anda dimana Anda menegakkan disiplin untuk seluruh anggota keluarga agar sholat tahajud minimal dua sampai empat kali seminggu. Pembiasaan ini akan membuat Anak Anda sekali pun dapat bangun sepertiga malam untuk menunaikan sholat tahajud.
5. Tips agar bangun sepertiga malam lainnya adalah dengan menghindari makan terlalu kenyang. Makanlah sebelum Anda merasa lapar dan berhenti sebelum kenyang untuk menghindari kondisi kekenyangan. Kondisi kekenyangan ini bisa membuat Anda mudah mengantuk tetapi tidur terlalu pulas. Akibatnya, akan sulit untuk melakukan sholat tahajud di sepertiga malam.
6. Anda juga bisa memasang alarm untuk membantu bangun lebih cepat dan mudah. Pasang alarm di tempat yang tidak mudah terjangkau oleh tangan namun tetap bisa terdengar dengan jelas saat tidur. Jarak ini memang mengharuskan Anda berjalan beberapa langkah saat bangun, namun Anda akan merasa cukup segar saat berjalan. Lakukan sholat tahajud setelahnya.
7. Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang seru dan positif dengan teman-teman, buatlah program ‘panggilan tahajud’. Teknisnya adalah dengan membuat grup di media sosial antara Anda dan teman-teman Anda, lalu di sepertiga malam setiap orang harus memberikan presensi. Jika ada satu atau dua orang yang belum memberikan tanda hadir, harus ada yang bertugas untuk membangunkan satu atau dua orang tersebut. Selain menyenangkan, Anda dan teman-teman Anda akan menjadi lebih poitif karena sering sholat tahajud meskipun berada di tempat yang berbeda-beda. Melakukannya dengan teman juga tentu akan membuat Anda merasa nyaman.
8. Hindarkan perbuatan maksiat karena maksiatlah yang bisa mengurangi iman. Dengan iman yang tinggi, Anda akan terdorong untuk bangun sepertiga malam secara rutin kemudian melaksanakan sholat tahajud. Tanamkan juga motivasi dalam diri Anda, bisa juga memberikan self punishment saat Anda melewatkan tahajud namun memberikan self reward jika sholat tahajud dilakukan dengan baik.
Sholat tahajud penting dilakukan secara rutin karena akan membuat Anda merasa tenang serta menjauhkan Anda dari melakukan perbuatan yang membuahkan dosa. Meskipun sulit pada awalnya, paksakanlah diri Anda untuk bangun tiap sepertiga malam sehingga tubuh Anda pun terbiasa dengan ritme ini. Semoga tips bangun sepertiga malam untuk sholat tahajud di atas bisa berguna bagi Anda.

Comments

Popular posts from this blog